Latihan Soal Mata Kuliah Sosiologi
PRODI KEBIDANAN / KEPERAWATAN CURUP TAHUN AKADEMIK 2009/2010
Mata Kuliah : Sosiologi
Dosen : Edy Purnomo,SPd,M.Si
Waktu : 20 menit
Pentunjuk Pengisian :
Berilah tanda Silang ( X ) pada jawaban yang Saudara anggap benar.
1. Suatu disposisi atau keadaan mental di dalam jiwa dan diri seseorang individu untuk bereaksi terhadap lingkungannya ( baik lingkungan manusia dan lingkungan
alamiahnya ) di sebut
a. Sikap Mental b. Budaya
b. Ideologi d. Doktrin
2. Konsepsi-konsepsi, yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar warga masyarakat , mengenai hal-hal yang harus mereka anggap amat bernilai dalam hidup, di sebut
a. System nilai budaya
b. System nilai hukum
c. System nilai Politik
d. System nilai teknologi
3. Suatu nilai budaya yang ber-orientasi vertikal, rasa ketergantungan kepada tokoh-tokoh atasan berpangkat merupakan orientasi nilai budaya yang berkaitan :
a. Masalah dasar dalam hidup yang berhubungan manusia dengan Karya
b. Masalah dasar dalam hidup yang berhubungan manusia dengan alam
c. Masalah dasar dalam hidup yang berhubungan manusia dengan manusia
d. Masalah dasar dalam hidup yang berhubungan manusia dengan Waktu
4. Urgensi kecerdasan emosional spiritual manusia bila Itelektual Quotion tinggi, Emosional Quotion Lemah, Spiritual Quotion Lemah , hasil aplikasinya di masyarakat manusia tersebut menjadi manusia yang tipicalnya :
a. Diktator b. Buta Hati
c. Petapa d. Koruptor
5. Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri ini adalah definisi desa menurut :
a. Prof.Dr.Koencaraningrat
b. Prof.Dr.Selo Soemarjan
c. Prof.Dr.Sutardjo Kartohadikusumo
d. Dr.Frans Magnis Soeseno.
6. Ciri ciri kehidupan masyarakat Desa adalah ….kecuali
a. Masyarakatnya erat sekali
hubungannya dengan alam
b. Penduduk di desa merupakan unit
social dan unit kerja
c. Penduduk desa bila membantu
sesama
tetangganya selalu berharap uang.
d. Masyarakat desa mewujudkan
paguyuban/gemainschaf
7. Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati, karena ia menentukan masa depan seseorang. Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi, maka pandangan hidup itu disebut.
a. ideologi politik b. Ideologi
c. ideologi negara d. ideologi Pancasila
8. Pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu diuji kenyataannya dan diterima oleh akal, kemudian diakui kebenarannya. Padangan hidup pada dasarnya merupakan suatu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan mempunyai unsur-unsur, yaitu:
a. cita-cita
b. Kebajikan
c. usaha dan keyakinan/kepercayaan
d. unsur a, b, dan c benar
9. .Perbedaan manusia dengan mahluk lain
adalah :
- Manusia dan hewan memiliki kodrat
- Manusia memiliki budi dan kehendak
- Manusia berkembang seperti tumbuhan
- Hewan memiliki tenaga yang kuat
10. Nilai yang berkenaan dengan akal yang menimbulkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam unsur kebudayaan disebut :
a. nilai keindahan b. nilai kebenaran
c. nilai kebaikan d. nilai moral
11. Budi manusia itu mempunyai unsur-unsur : a. cipta-logika-karsa b. cipta-rasa-etika
c. cipta-rasa-estetika d. cipta-rasa-karsa
12. Wujud kebudayaan yang berupa benda,
kursi, buku, TV, antena adalah :
a. sistem teknologi b. Sistem Sosial c. sistem ideologi d. sistem ilmu
13.Masalah-masalah kependudukan yang
dialami negara-negara berkembang adalah
seperti berikut kecuali :
- Rendahnya income perkapita penduduk karena lapangan pekerjaan yang terbatas dan tidak semua semua sumber daya alam dapat diolah sendiri
- Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat
- Rendahnay tingkat kelahiran penduduk
- Penyebaran penduduk yang tidak merata
14. Masyarakat pedesaan pada umumnya memiliki ikatan kuat diantara sesama waga desa. Beberapa ciri masyarakat pedesaan adalah seperti berikut ini kecuali
a. Hubungan kedalam lebih erat
dibandingkan hubungan dengan
orang luar
b. Adanya hubungan darah di antara
warga desa
c. Hidup berkelompok dengan dasar
saling mencari keuntungan pribadi
d.Relatif homogen dalam mata
pencaharian dan adat istiadat
15. Bagi masyarakat kota akan terlihat antara lain banyaknya pemakaian alat-alat komunikasi, banyak terjadi perpindahan pekerjaan, perpindahan tempat tinggal. Hal ini menunjukkan adanya sifat kota yaitu
A jumlah penduduk besar dan padat
B pertambahan penduduk yang cepat
termasuk dari luar kota
C .keanekaragaman asal usul penduduk
D. sifat lebih mudah bergerak bagi
penduduk
16.Masyarakat adalah orang orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan ini adalah definisi masyarakat menurut :
a. Prof. Dr. Selo Soemardjan.
b. Prof.Dr. Koencaraningrat
c. Prof. Dr. Soelaeman Soemardi
d. Prof. Dr. Hamka
17.Masalah-masalah umum masyarakat Perkotaan, antara lain yaitu
a. Terbentuknya sub –urban
b. Makin meningkatnya tuna karya, yaitu orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap
c. Pertambahan penduduk kota yang pesat menimbulkan masalah perumahan.
d. semua jawaban a, b, dan c benar semua.
18.Masalah-masalah kesehatan masyarakat Pedesaan, antara lain yaitu , kecuali …. :
a. Pendirian Puskesmas yang jauh dari
pemukiman penduduk.
b. Jarak Puskesmas yang jauh dari penduduk.
c. Tingkat pendidikan masyarakat desa yang
yang sudah rata-rata tinggi
d. Keterbatasan tenaga kesehatan yang trampil
dan mandiri yang terbatas.
19. Potensi non fisik di desa, yaitu kecuali…
a. Gotong royong
b. Bangunan fasilitas kesehatan yg banyak.
c. Kekeluargaan,
d.. Toleransi social yang baik
20. unsur kebudayaan yang universal, menurut C. KLUCKHOHN antara lain meliputi :
a. Sistem Peralatandan Teknologi Sistem
b.Sistem Pengetahuan
c. Sistem Mata pencaharian hidup
d. jawaban a,b, dan c benar semua
Nama Mahasiswa :………………
Nim : ………….
LEMBAR JAWABAN :
NO | JAWABAN |
1 | A | B | C | D | E |
2 | A | B | C | D | E |
3 | A | B | C | D | E |
4 | A | B | C | D | E |
5 | A | B | C | D | E |
6 | A | B | C | D | E |
7 | A | B | C | D | E |
8 | A | B | C | D | E |
9 | A | B | C | D | E |
10 | A | B | C | D | E |
11 | A | B | C | D | E |
12 | A | B | C | D | E |
13 | A | B | C | D | E |
14 | A | B | C | D | E |
15 | A | B | C | D | E |
16 | A | B | C | D | E |
17 | A | B | C | D | E |
18 | A | B | C | D | E |
19 | A | B | C | D | E |
20 | A | B | C | D | E |
No comments:
Post a Comment